tugas 3

PENGATURAN NETWORK SERVICES

Kelompok ini kebanyakan berisi tool-tool untuk para profesional dan administrator sistem.

Tool-tool LDAP Client, NIS Server, NIS Client, NIS+ Client. dan Proxy yang ditempatkan disini merupakan tool-tool expert yang umumnya hanya digunakan pada jaringan perusahaan.

DNS dan Host Name

Nama host dan nama domain dapat diubah pada modul DNS and Host Name pada kelompok Network Services. Jika provider telah diatur dengan benar untuk akses DSL, modem, atau ISDN, daftar name server berisi entry-entry dibuat secara otomatis. saat mereka telah dikutip dari data provider, Jika anda berada pada jaringan lokal Anda mungkin menerima nama host Anda melalui DHCP. Anda seharusnya tidak memodifikasi nama tersebut.

NFS Client dan NFS Server

Modul NFS Client dan NFS Server hanya anda perlukan jika anda berada pada suatu jaringan. Dalam hal ini, Anda mempunyai kemungkinan untuk mengoperasikan suatu server file yang dapat diakses oleh anggota jaringan anda. Pada server file tersebut, anda dapat membuat program. File, atau spasi disk yang disediakan untuk para user. Gunakan modul NFS Server untuk mengatur komputer anda sebagai server NFS dan untuk menentukan direktori-direktori untuk digunakan oleh para pemakai jaringan. Server NFS harus diatur oleh seorang ahli (expert)

Sesudah itu, setiap user (dengan ijin yang diperlukan) dapat melakukan mount ke derektori tersebut pada pohon file-nya. Cara termudah untuk melakukan hal ini adalah melalui modul NFS Client dimana user hanya perlu memasukkan nama host komputer yang bertindak sebagai server NFS dan mount point pada komputernya. Untuk melakukannya , pilih Add pada dialog pertama dan masukkan data yang diperlukan.

Konfigurasi Samba Server

Jalankan konfigurasi modul samba server untuk berbagai sumber daya seperti file atau printer dengan host Windows. Pada dialog yang pertama, definisikan peran server Samba. Anda dapat menonaktifkannya. Menggunakanya sebagai server file dan printer. Atau menggunakannya sebagai backup atau pengontrol domain utama. Server file dan printer membuat direktori dan printer tersedia untuk host lain, pengontrol domain memungkinkan klien untuk login ke domain windows. Pengontrol domain utama mengatur para user dan password-nya. Pengontrol backup domain menggukan pengontrol domain lain untuk melakukan autentifikasi user.

Setelah menentukan penggunaanya, masukkan domain windows atau workgroup-nya. Gunakan Browse untuk menampilkan semua domain dan workgroup yang ada. Pada Server Description, masukkan suatu teks untuk ditampilkan ke semua klien.
Gunakan Authentication Details untuk masuk ke dialog konfigurasi lanjutan untuk menetapkan model autentifikasi user. Jika Anda mengaktifkan smbpasswd, semua user dan password-nya disimpan pada file smbpasswd. Jika Anda memilih untuk LDAP, informasi user disimpan pada server LDAP. Tetapkan server LDAP dengan memasukkan nama server Base DN, dan administration DN-nya. Uji koneksi LADP dengan tombol yang bersangkutan. Masukkan password admnistration LADP saat perlu melakukanya.

Lengkapi semua setting dan klik Next, Pada dialog berikutnya, definisikan sumber dayanya. Jika Anda mengaktifkan Share homes, direktori home para user tampil sebagai share Windows pada kliennya. Jika Anda mengaktifkannya Share printers, Anda dapat menggunakan Select untuk berbagi printer.

Konfigurasi Samba Client

Atur modul Samba Client untuk mengakses sumber daya (file atau printer) pada Server Samba. Pada dialog Samba workgroup, masukkan domain atau workgroup-nya. Gunakan Browse untuk menampilkan semua domain dan workgroup tersedia dan pilih salah satu dari mereka dengan klik mouse. Jika Anda mengaktifkan Also Use SMB Information for Linux Authentication, autentifikasi user dilakukan melalui Server Samba. Setelah menetapkan semua setting, klik Finish untuk melengkapkan konfigurasi.

NTP Client
NTP (Network Time Protocol) adalah protocol untuk menyamakan jam host-host jaringan. Pada modul NTP Client, pilih suatu jenis dengan add. Beberapa opsi kemudian ditampilkan. Jam Server dan Radio adalah opsi-opsi yang paling sering digunakan. Jam Radio memerlukan hardware khusus.

Jika Anda memilih Server, masukkan alamat-alamat server NTP ketika diminta. Normalnya, administrator sistem Anda mengerjakan salah satu dari server-server NTP publik yang terdaftar di http://www.eecis.udel.edu/~mills/ntp/servers.html. Konfirmasikan dengan OK.

Untuk memulai NTP daemon saat sistem boot, pilih When booting system. Simpan setting Anda dengan Finish.

Routing

Tool Routing hanya diperukan jika anda berada pada suatu jaringan lokal atau dihubungkan ke internet melalui kartu jaringan. Demikian juga dengan DSL,Untuk DSL data gateway hanya diperlukan untuk mengatur kartu jaringan dengan benar. Tapi, entry-entry-nya adalah tiruan yang tidak mempunyai fungsi apapun. Nilai-nilainya penting hanya jika anda berada suatu jaringan lokal dan menggunakan komputer milik anda sebagai gateway (gateway ke internet).


Mail Transfer Agent

Modul konfigurasi Mail Transfer Agent mengijinkan anda untuk menyesuaikan setting mail anda jika anda mengirimkan e-mail dengan sendmail, postfix, atau server SMTP provider anda. Anda dapat mengambil mail melalui SNTP atau program fetchmail, dimana anda dapat juga memasukkan detil server POP3 atau server IMAP provider anda.

Anda juga dapat menggunakan program mail pilihan Anda,seperti KMail atau Evolution. Untuk menetapkan akses data POP dan SMTP seperti biasanya (untuk menerima mail dengan POP3 dan mengirim mail dengan SMTP) Dalam hal ini, anda tidak memerlukan modul ini.

0 komentar:

Posting Komentar